Formasi Baru Kotak Band Setelah keluarnya beberapa personilnya

Monday, March 28, 2011



Keluarnya Pare, sang vokalis dari band KotaK
Seperti kata orang bijak: ….”selalu ada kesempatan bagus di balik kesulitan..”. Mungkin, pernyataan ini pas dengan yang dialami KOTAK. Tiba-tiba, Pare, sang vokalis menyatakan mundur dari grup yang sama-sama telah dibangunnya sejak tahun 2004 lalu itu. Keinginan Pare ini tentu membuat kaget temen-temennya yang lain, Posan (drum), Ichez (bass), dan Cella (gitar). ”Saya ingin di balik layar aja. Sulit buat saya untuk selalu di depan jadi frontman. Tapi saya nggak akan ninggalin Kotak begitu aja. Kapan aja kalo dimintain tolong, saya pasti pasti bantuin Kotak, misalnya buat bikin lagu,” tutur Pare, saat itu.

Meskipun berat – tapi setelah memahami betul alasan Pare – ketiga personel Kotak lainnya merelakan Pare untuk keluar, akhir 2006 lalu. Yap! Posan, Ichez, dan Cella nampaknya sadar – bahwa segala yang awalnya dipertemukan, pasti satu saat pun akan dipisahkan. Yang penting, bagi mereka – dan tentunya bagi kita juga – hidup harus terus mengalir……and the show must go on. Dan kesulitan lantaran Pare hengkang, toh terbukti melahirkan kesempatan-kesempatan bagus.

Kesempatan bagus pertama, band jadi diberi waktu untuk merenung – tepatnya melakukan introspeksi atas apa saja yang telah dilakukan mereka selama ini – sejak lahir dan meluncurkan debut album di tahun 2005, mencatat nggak kurang dari 150 show sepanjang 2005- 2006, dan punya tiga singel hit: Sendiri, Saat Ku Jauh, dan  Terbang.

Kesempatan bagus kedua, band dibuka cakrawala berpikirnya, bahwa perubahan itu adalah sesuatu yang wajar. Band harus mencari dan mengisi kekosongan yang diakibatkan hilangnya sesi vokal. Dan, itu artinya bakal ada yang berubah dengan racikan musik yang selama ini mereka suguhkan.

Kesempatan bagus ketiga, KOTAK akhirnya menemukan vokalis baru yang nggak kalah hebat ketimbang Pare – bahkan pada sisi lain punya kelebihan yang nggak dipunya Pare – dan vokalis baru KOTAK itu adalah: Tantri. Dan, terus terang Tantri bukan wajah baru buat personel KOTAK. Karena, Tantri melesat dari grup Ares yang merupakan kerabat dekat KOTAK. Tantri yang saat itu masih duduk di kelas 2 SMA, terkenal dengan kualitas vokalnya yang prima. Ia bisa begitu “dalam dan tebal” menyanyikan lagu bernada lembut tapi pada tempo lain bisa melengking membawakan nomor-nomor keras. Setelah cabut dari Ares, Tantri kemudian memutuskan bergabung dengan KOTAK, sejak awal Maret 2007 lalu.

Kesempatan bagus keempat, dengan formasi baru – dengan hadirnya Tantri – KOTAK punya modal kuat untuk membuktikan bahwa mereka bisa lebih hebat dari formasi sebelumnya.

Dan, semua kesempatan itu diwujudkan dengan KOTAK segera menggarap album kedua. Sementara menunggu seluruh materi siap direkam, band meluncurkan radio singel terlebih dahulu.

Radio singel itu berjudul: Ijinkan Aku. Dan Pare memang nggak ingkar janji. Karena Ijinkan Aku adalah lagu karyanya yang memang disiapkan untuk KOTAK. Lagu ini sepintas terdengar begitu pop, tapi sesungguhnya KOTAK nggak menghilangkan ciri band yang selama ini terpatri: Rock. Dan tarikan vokal Tantri mengantar Ijinkan Aku jadi begitu dinamis tanpa kehilangan unsur manisnya. Saat sesi rekaman Ijinkan Aku, band dikawal oleh Yuka Dian Narendra, produser muda yang kemudian terbukti sukses meramu lagu ini jadi begitu cathcy.

Apakah KOTAK mampu berkiprah di tengah membanjirnya band-band baru saat ini? Mustinya mampu. Karena, meskipun baru punya satu album yang bisa diterima pencinta musik negeri ini, jelas KOTAK bukanlah band baru. Dan kini, lewat singel terbaru, Ijinkan Aku, berilah KOTAK ijin untuk kembali menggebrak.

No comments :

Post a Comment

 
Powered by Blogger.