ADA Band: 4shared ditutup, CD Bajakan Merajalela Percuma!

Tuesday, August 9, 2011


 JAKARTA - Bassis ADA Band, Dika Satjadibrata, menilai kebijakan Menkominfo Tifatul Sembiring akan memblokir situs 4shared tidak akan maksimal.

Menurut pria kelahiran 11 Desember 1973 ini, kebijakan Tifatul seharusnya melakukan langkah yang tidak setengah-setengah dalam memberantas pembajakan di Indonesia. Selain memblokir situs unduh ilegal, pemerintah harus memberantas CD bajakan secara serius.

“Secara kreator ya setuju saja (4shared diblokir), itu kan bajakan juga. Tapi solusinya apa…CD bajakan dihapus gak? Sama saja bohong,” kata Dika saat berbincang dengan okezone via BlackBerry Messenger (BBM), Selasa (9/8/2011).

“Mungkin kalau unduhan gratis dihapus bisa saja CD ilegal jadi rame lagi ya. Ada pihak yang senang. Wallahualam ya, hehehe,” lanjutnya.

Namun, Dika tak menampik lagu-lagu ADA Band juga ikut nangkring di situs-situs pengunduh musik ilegal maupun situs berbagi file seperti 4shared. Walaupun bukan dari pihak ADA Band yang mengunggahnya. Sisi positifnya, lagu milik pelantun Manusia Bodoh itu lebih dulu dikenal lewat situs gratisan tersebut.

“Secara tidak langsung otomatis iya lah. Album baru atau single baru orang tahu duluan lewat situs-situs gratis. Plus minus-nya ada, Indonesia memang luar biasa,” pujinya.

Suami dari Amalia Laili itu menginginkan pemerintah mengadopsi sistem aturan yang sudah kuat seperti di Eropa dan Amerika Serikat untuk mengunduh lagu.

“Seharusnya kan kayak di luar negeri, unduhan ya bayar. Jadi musisi terima royalti dari situ. Tapi di Indonesia? Maunya gratis semua,” katanya sambil menambahkan gambar wajah tersenyum.

Menteri Tifatul sempat melontarkan wacana nantinya ada lagu yang betul-betul gratis, atau dijual (melalui internet) dengan harga murah antara Rp500 hingga Rp1000 per lagu.

Pria tiga anak ini merasa heran dengan ide pak Menteri yang masih belum jelas arahnya.

“Unduhan gratis bukan dihapus tapi dibayar seceng?Hahaha. Secengnya mau dikemanain? Ada-ada saja ya negeri kita ini,” komentarnya.

Dika lebih mengedepankan mental bangsa Indonesia yang seharusnya diperkuat untuk mencegah penyalahgunaan situs berbagi yang legal seperti 4shared jadi ajang unggah lagu gratisan.

“Hari ini apapun gampang di-browsing, kok repot. Tinggal mental kita saja kan,” ujarnya. 
Source : Okezone.com

No comments :

Post a Comment

 
Powered by Blogger.