Giring Dukung 4shared Diblokir ??

Tuesday, August 9, 2011


JAKARTA - Rencana Kementrian Komunikasi dan Informasi akan memblokir situs berbagi asal AS, 4shared.com mendapat dukungan penuh dari Giring ‘Nidji’.

Menurut sang vokalis, penutupan tersebut sangat bagus. Lagi pula, katanya, dampak terhadap musisi sendiri tidak akan terlalu besar.

“Kalau 4shared ditutup itu bagus, itu solusi. Kalau saya lihat sih begitu. Mungkin tidak berpengaruh besar, tapi berpengaruh lumayan. Maksud saya, setidaknya ini salah satu indikasi keseriusan pemerintah melindungi hak cipta,” tutur Giring kepada okezone ketika berbincang di FX Plaza, Senayan, Jakarta, Senin (8/8/2011) malam.

Ketika ditanya apakah kebijakan ini akan merugikan musisi indie yang kebanyakan melakukan promosi melalui media sharing di internet. Giring punya jawaban sendiri.

“Mempromosikan itu bukan berarti di-download. Mempromosikan juga kan bisa di YouTube. Itu juga mempromosikan cuma jangan di-download,” tegasnya.

Menurutnya, bila kebijakan pemerintah ini benar-benar bisa dijalankan, maka penghasilan negara akan bertambah banyak dengan pemasukan dari pajak.

“Tahu enggak kalau misalnya situs-situs ini ditutup dan industri musik bisa berjalan dengan bagus, pajaknya itu sangat besar. Saya setiap tahun bayar pajak ke pemerintah gede banget. Semua musisi bayar pajak dengan benar dan juga penjualan benar karena 4shared diblokir, pembajakan enggak ada. Coba, berapa yang bisa dihasilkan oleh negara,” lanjutnya.

Kemarin di Bandung, Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring memberikan isyarat pemerintah segera memblokir situs unduhan musik yang dianggap ilegal. Sasaran utama situs besar seperti 4shared.

"Sekarang belum ada yang diblokir. Rencananya yang akan diblokir situs-situs top, misalnya 4shared," ujar Tifatul.

Lanjut pak Menteri, yang jadi prioritas tetap pada situs lokal yang menyediakan unduhan musik ilegal untuk diblokir.

Pemblokiran tersebut sudah disiapkan secara sistematis. Situs yang akan menjadi prioritas untuk diblokir adalah situs domestik atau lokal. "Ya domestik dulu, ini yang selama ini paling menderita. Lagunya aja Gubug Derita," kelakarnya.
Source : Okezone.com

No comments :

Post a Comment

 
Powered by Blogger.